TP4D Tinjau Sejumlah Pembangunan Infrastruktur

PASAMAN --- Tim pengawal pengawasan pemerintah dan pembangunan daerah (TP4D) Kejaksaan Negeri Pasaman, bersama Bupati Pasaman Yusuf Lubis, tinjau sejumlah pembangunan infrastruktur strategis di tiga kecamatan, di daerah itu, 

Peninjauan oleh TP4D ini bertujuan untuk meminimalisir penyimpangan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut. Selain itu, juga untuk memastikan pelaksanaan pekerjaan berjalan sesuai dalam kontrak kerja.

Ada empat titik proyek yang ditinjau oleh Tim pengawal pengawasan pemerintah dan pembangunan daerah (TP4D) Kejaksaan Negeri Pasaman, yakni pembangunan Rumah Sakit Pratama di Kubu Juar, Nagari Sitombol, Kecamatan Padanggelugur, pembangunan jalan ruas Rao-Gunung Manahan di Rao Utara dan pembangunan jalan ruas Rao-Lubuk Layang di Rao Selatan serta pembangunan rumah dinas wakil bupati Pasaman di Lubuksikaping.

Ketua T4PD Kejaksaan Negeri (Kejari) Pasaman, Adhryansah menjelaskan, selain sebagai bentuk upaya preventive (pencegahan), kunjungan itu mengantisipasi penyimpangan pembangunan infrastruktur. Kegiatan turun langsung ini juga bagian dari tugas pihak kejaksanaan sebagai tim TP4D.

"Salah satu tugas TP4D, melakukan pendampingan, pengawalan pengawasan agar tidak terjadi penyimpangan dalam pelaksanaan proyek tersebut. Artinya, tujuan utama dari agenda ini lebih kepada pencegahan," terang Adhryansah dihadapan Bupati.

Adhryansah menjelaskan, bahwa peninjauan itu dilakukan agar semua kegiatan pembangunan infrastruktur yang didanai oleh anggaran negara tidak menyalahi aturan berlaku.

"Ada tiga fokus utama yang perlu diperhatikan, pertama faktor administrasi, aspek legalitas dan terakhir, faktor fisik," katanya.

Dia meminta agar pelaksana pengerjaan proyek ini melakukan pekerjaannya sesuai dengan kontrak yang telah ditandatangani, baik itu menyangkut jumlah maupun mutunya. Selain itu, penyerapan anggaran juga harus dioptimalkan.

"Kami meminta agar kualitas dan kuantitasnya sesuai spek yang telah ditetapkan benar-benar bagus, walaupun ada keinginan mempercepat proses pembangunannya. Kita akan kawal sampai serah terima, dan jangan sampai terjadi masalah," tegasnya.

Terpisah, Bupati Pasaman, Yusuf Lubis meminta, semua pihak yang terlibat dalam program pembangunan infrastruktur tersebut harus bertanggung jawab terhadap pekerjaannya.

"Pembangunannya harus yang terbaik, mutu harus diutamakan, pekerjaannya harus dikejar hingga selesai tepat waktu. Jangan jadikan kendala cuaca, jadi alasan dalam pelaksanaan pekerjaan," kata Bupati.

Ia mengatakan, sejumlah saran dan masukan dari TP4D terkait pembangunan infrastruktur, termasuk Rumah Sakit Pratama tersebut harus dijadikan pedoman dalam pelaksanaan kegiatan.

"Kita hanya mendampingi TP4D untuk memantau pengerjaan sejumlah proyek. Apa yang disampaikan Kajari dan tim tadi agar jadi pedoman bagi kita," katanya.(anto)