Dinas Satpol PP dan Damkar Gelar Pelatihan Prajawibawa

PASAMAN --- Dinas Satpol PP dan Damkar Pasaman baru-baru ini mengelar pelatihan Prajawibawa terhadap 75 orang anggotanya.

Kepala Dinas Satpol PP Pasaman, Asmadi melalui Kabid Trantibmas, Deswin Adia Putra saat dikonfirmasi rakyat Sumbar di ruang kerjanya, Selasa (29/11) mengatakan, dari 117 anggota Satpol PP yang mengikuti pelatihan itu, 28 orang diantaranya ASN, dan 89 orang lagi merupakan tenaga kontrak.

Kata Deswin, kegiatan pelatihan itu digelar selama tiga hari di daerah bendungan Irigasi Panti Rao. Dengan melibatkan pelatih yang berasal dari Dinas Satpol PP, TNI, dan Polri.

Menurut Deswin, pelatihan Prajawibawa bagi anggota Satpol PP itu bertujuan dalam rangka membentuk sikap, disiplin, jiwa korsa anggota untuk menjadi seorang pemimpin.

Ditambahkannya, disamping fisik yang prima, anggota Satpol PP juga harus tahu dengan aturan-aturan tempat dia ditugaskan selaku penegak Perda.

Dalam pelatihan itu, seluruh anggota juga ada diberikan materi dalam kelas dengan beberapa orang narasumber Kasat Pol PP dan Kabid

"Dalam kegiatan itu, juga dilaksanakan kegiatan bakti sosial di daerah bendungan irigasi Panti-Rao. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan kepedulian anggota Satpol.PP terhadap lingkungan disekitar lokasi latihan," ucapnya.

Lebih jauh Deswin menyampaikan, pelatihan prajawibawa itu sebelumnya juga sudah pernah kita lakukan, namun rangkaian kegiatannya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

"Pada pelatihan kemarin, seluruh anggota mengikuti pritest seperti, pengenalan orientasi Pol PP, Peraturan-peraturan terkait Pol PP, SOP Pol PP dan lainnya. Karena setiap anggota Satpol PP itu, harus tahun dengan Satpol PP itu sendiri, tahu dengan Perda, dan seluruh anggota harus menguasai tupoksinya," katanya.

Dengan pelatihan Prajawibawa yang telah diikuti anggota Satpol PP kemarin, kedepan dapat terbentuk sikap dan disiplin, jiwa korsanya, sehingga mereka yang telah silatih terpancing untuk lebih menguasai aturan-aturan selaku penegak Perda di daerah.(anto